12 Agustus 2008

Dewasalah, Nani


BAKAT yang dimiliki seorang Luis Nani memang sudah tidak diragukan. Tetapi dari sisi kedewasaan, Nani masih jauh. Karenanya, Sir Alex Ferguson meminta Nani lebih matang musim ini.

Soal kemampuan, Nani bahkan dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo. Nani, yang sama dengan Ronaldo juga berasal dari Portugal, digadang-gadang bakal mencapai level sehebat seniornya tersebut.

Barangkali, bila masih ada yang harus diperbaiki dari seorang Nani adalah sisi mentalnya. Ketidakmampuannya menahan emosi bisa jadi bumerang merugikan bagi Manchester United. Contoh perilaku tak terpuji Nani adalah ketika ia menanduk Lucas Neill dan berakibat melayangnya kartu merah untuk dia.

Akibat kartu merah tersebut, Nani dipastikan takkan bisa memperkuat MU di dua laga pertama Premier League yang akan dimulai akhir pekan ini.

Musim ini, Ferguson tak sekadar mengharap Nani meningkatkan performanya secara teknis semata. Manajer MU itu juga meminta bintang muda berusia 22 tahun miliknya itu untuk mematangkan emosinya.

"Nani sudah melalui proses yang sama dengan yang dilalui oleh semua pemain muda. Anda akan melihat peningkatan performa dari musim pertamanya," kata Fergie kepada Manchester Evening News dan dikutip Goal.

Artinya, Nani ditantang untuk melewati capaiannya musim silam. Di tahun pertamanya di 'Setan Merah' itu, Nani tampil sebanyak 37 kali dan menyumbangkan empat gol bagi MU di segala ajang.

"Kematangannya harus membaik--itu sesuatu yang penting. Dia masih muda, tetapi bila dia bisa berkembang, dia akan jadi bakat yang sangat hebat. Dia punya keberanian dan kecepatan. Dia bisa bermain dengan kedua kaki serta tidak mudah luluh dalam pertandingan besar," pungkas Fergie. (dtc)

Tidak ada komentar: