12 Agustus 2008

MU Juara Community Shield


MANCHESTER UNITED menjadi juara Community Shield 2008/2009 usai menundukkan Portsmouth dengan skor 3-1 di New Wembley Stadium, London, Minggu (10/8/2008) melalui drama adu penalti.

Kemenangan ini sekaligus menegaskan dominasi MU dalam dua event, yaitu ajang community shield dan laga ujicoba pra-musim.

MU memang dominan dalam beberapa ujicoba pra musim. Dalam delapan partai persahabatan, enam di antaranya berakhir dimenangi 'Setan Merah'. Sementara sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Catatan serupa juga ditorehkan MU di laga penanda bakal bergulirnya Premiership musim ini. Total sudah 17 kali mereka menjadi juara dari 25 kali penampilan di event ini.

Apalagi dalam drama adu penalti. Di ajang ini, MU terbilang sangat beruntung. Duel melawan Arsenal tahun 2003 dan melawan Chelsea musim lalu menjadi bukti MU selalu unggul dalam adu tos-tosan.


Catatan itu ternyata terus berlanjut jelang bergulirnya kompetisi. Tampil di event bertajuk laga amal, MU menang atas Portsmouth, juara Piala FA, dalam drama adu penalti dengan skor 3-1.

Dari empat eksekutor Portsmouth, tiga di antaranya gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara tiga penendang MU tak banyak kesulitan melakukan kewajibannya. Juara Liga Inggris musim lalu itupun kembali keluar sebagai kampiun Community Shield tahun ini.

Dominan
Lini depan MU terbukti harus dibenahi secara serius. Buktinya, meski tampil dominan, MU hanya mampu menang lewat adu penalti atas Portsmouth.

MU tampil mencolok sepanjang pertandingan. Bermain di hadapan 84 ribu lebih penonton, Paul Scholes cs kerap menekan lini pertahanan Portsmouth. Carlos Tevez memiliki kesempatan pertama menjebol gawang David James di menit 17. Namun umpan apik Darren Fletcher gagal dimaksimalkannya dengan baik.

James melakukan penyelamatan gemilang di menit 26 dengan mementahkan peluang yang dimiliki Ryan Giggs. Sepuluh menit berselang, gawang Portsmouth kembali terselamatkan setelah Fletcher gagal menyontek bola dengan baik ke gawang yang kosong melompong kala menyambut umpan Nani.

MU terus menekan setelah turun minum. Beberapa kali Fletcher mendapat kesempatan membuat timnya unggul, namun kesemuanya juga gagal dimaksimalkannya.

Menit ke-70, James untuk kesekian kalinya melakukan penyelamatan gemilang. Meski harus terbang, ia mampu menepis bola hasil tendangan Tevez yang mengarah ke sudut gawangnya.

Lima menit kemudian, Tevez dijatuhkan Hermann Hreidarsson di kotak penalti Portsmouth lewat tarikan pada kakinya. Namun wasit Peter Walton tak bereaksi dan memutuskan untuk melanjutkan pertandingan.

Peluang terakhir MU tercipta lewat striker belianya, Fraizer Campbell. Namun sepakannya masih jauh di atas gawang Pompey. Skor 0-0 bertahan hingga peluit panjang ditiup, yang mengartikan kemenangan harus diputuskan lewat adu penalti.

Ketimbang MU, Portsmouth terbukti masih cukup hijau dalam drama ini. Indikasinya, tiga eksekutor mereka, Lassana Diarra, Arnold Mvuemba dan Glen Johnson gagal menjebol gawang Edwin van der Sar meski hanya berhadapan satu lawan satu. Hanya Jermain Defoe yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara MU tak banyak kesulitan untuk menaklukkan James. Tevez, Giggs dan Michael Carrick berhasil mengecoh kiper utama timnas Inggris itu untuk mengklaim tropi Community Shield 2008. (dtc)

Susunan Pemain:
MU: Van der Sar, Neville (Brown 66), Ferdinand, Vidic, Evra, Fletcher, O'Shea (Carrick 66), Scholes, Giggs, Nani (Campbell 79), Tevez.

Portsmouth: James, Johnson, Campbell, Distin, Hreidarsson (Lauren 79), Diop, Pedro Mendes (Mvuemba 75), Diarra, Kranjcar (Utaka 60), Crouch, Defoe.

Tidak ada komentar: