15 Agustus 2008

Madrid Tuntut Ronaldo?


TIDAK ada yang menampik jika dikatakan cerita tentang Cristiano Ronaldo menjadi primadona di bursa transfer musim panas 2008. Lebih dari dua bulan bursa diramaikan dengan isu kepindahan bintang Manchester United berusia 24 tahun itu ke Santiago Bernabeu, markasnya Real Madrid. Satu kisah yang akhirnya berujung dengan ‘kemenangan’ The Red Devils ketika Ronaldo menyatakan ia bakal tetap bertahan di Old Trafford.

Benarkah berakhir? Bagi Los Merengues, cerita Ronaldo yang bak opera sabun itu belum berakhir. Setidaknya itu yang diungkapkan News of the World dalam edisinya di hari Minggu, 10 Agustus 2008. Madrid yang merasa ditampar—karena kalah bertarung dengan MU—berencana melakukan tuntutan kepada Ronaldo. 

Tak tanggung-tanggung, besaran ganti rugi atau kompensasi yang diminta Los Merengues berjumlah 17 juta pound atau sekitar Rp 300 miliar. Jumlah yang jauh lebih besar dibanding fee Ronaldo saat digaet Sir Alex Ferguson dari Sporting Lisbon pada 12 Agustus 2003 lalu, 12,24 juta pound (Rp 215 miliar).

Sikap Madrid itu tak terlepas dari keyakinan mereka bahwasanya sejak isu Ronaldo mulai menjadi isu publik, Los Merengues telah mencapai kesepakatan personal dengan gelandang Timnas Portugal itu dan agennya, Jorge Mendes. Menengok ke belakang, adanya klaim kesepakatan personal itu justru dilansir seorang petinggi MU seperti yang dikutip harian bergengsi di Inggris, The Guardian.

Madrid bersikukuh jika dalam kesepakatan tersebut terselip klausul kompensasi alias ganti rugi jika proses transfer Ronaldo tidak menjadi kenyataan atau batal. Itulah yang kini bakal dilakukan Madrid, utamanya Presiden Klub, Ramon Calderon, yang pamornya di mata para fans Bernabeu mulai menurun drastis.

Namun, bisa jadi Calderon tidak akan ngotot meminta atau menuntut Ronaldo membayar ganti rugi atau kompensasi andaikata CR7 menjamin dirinya bakal mengenakan kostum putih-putih milik Madrid di musim depan. Dalam arti, di bursa transfer musim panas 2009 Ronaldo bakal meninggalkan Old Trafford. Satu kemungkinan yang tegas-tegas ditolak Ferguson.

Pede-nya Madrid dan Calderon dalam upayanya memboyong CR7 ke Bernabeu tersirat dari keyakinan mereka yang tetap membuka pintu bagi Ronaldo sampai bursa transfer musim panas 2008 ditutup pada 31 Agustus mendatang.

“Pintu kami (bagi Ronaldo) tetap terbuka meskipun ia telah berubah haluan (menyatakan tetap bertahan di Old Trafford). Sampai bursa transfer masih dibuka, segalanya masih tetap mungkin terjadi,” tegas sang sumber. (lbc)

Tidak ada komentar: