15 Agustus 2008

Gelar Kehormatan dari Ratu Elizabeth II untuk Giggs


LAGA tandang kontra AS Roma dalam lanjutan Liga Champions, dinihari esok (WIB), tidak memberi pengaruh bagi Manchester United. Karena itu, kapten utama Ryan Giggs tidak dibawa serta oleh manajer Sir Alex Ferguson ke Stadio Olimpico, Roma.

Namun dibalik itu ada momen khusus yang tidak akan pernah dilupakan bagi winger veteran MU yang berjuluk The Welsh Wizard. Tepat di hari Selasa, 11 Desember (waktu setempat), Giggs menerima gelar kehormatan Officers of the Order of the British Empire (OBE).

Gelar kehormatan atau tepatnya gelar bangsawan itu dikeluarkan resmi oleh Kerajaan Inggris bagi setiap insan terpilih di bidangnya masing-masing yang memberi kontribusi besar bagi negara dan masyarakat luas. Untuk Giggs, tentunya OBE diberikan atas dedikasinya di cabang sepakbola. Satu pesepakbola yang tahun lalu menerima gelar serupa adalah gelandang elegan Timnas Inggris dan Liverpool, Steven Gerrard.

Giggs, 34 tahun, disematkan badge OBE langsung oleh Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham. Setelah menerima gelar tersebut, seperti dikutip Goal, Giggs menyatakan: “Hari ini adalah hari yang sangat membanggakan buat saya dan seluruh keluarga.”

Giggs tidak bisa dipungkiri merupakan satu dari sekian pesepakbola tersukses dalam dua dekade terakhir. Memulai karir pro sejak 1991, sebanyak 23 gelar juara telah berhasil direngkuh pemilik nama lengkap Ryan Joseph Giggs. Sembilan di antaranya adalah gelar juara Liga Premier Inggris—pemain terbanyak dalam sejarah persepakbolaan Inggris. Itu belum termasuk satu gelar juara Liga Champions di tahun 1999.

Catatan panjangnya sebagai pemain membuatnya tercatat telah bermain sebanyak 736 partai bersama The Red Devils. Itu berarti, Giggs tinggal membukukan 19 pertandingan guna melewati rekor penampil terbanyak bagi MU yang dipegang Sir Bobby Charlton dengan 754 partai. Gol ke gawang Derby County, Sabtu lalu, menjadi gol ke-100 baginya di liga. Prestasi fenomenal bagi seorang pemain yang belum pernah sekalipun tampil di dua kejuaraan utama di kancah internasional, Piala Dunia dan Piala Eropa.

Giggs yang rendah hati merasa canggung dengan gelar tersebut. Ia sampai harus membutuhkan nasihat Ferguson untuk menerimanya. “Dia (Ferguson) telah dua kali memiliki pengalaman seperti ini dan dia hanya mengatakan ‘enjoy saja!’,”imbuh Giggs. “Saya beruntung karena bermain dengan klub besar dan dipercaya untuk waktu yang lama. Saya juga beruntung memiliki karir yang terbilang sukses.” Selamat Giggs! (zbc-Rabu, 12 Desember 2007)

Tidak ada komentar: