16 Agustus 2008

Rasa Aman dari Vidic


RIO FERDINAND menjadi tembok kokoh pertahanan Manchester United sejak 2002. Mulai tahun lalu punggawa "Setan Merah" bisa merasa lebih aman dengan adanya Nemanja Vidic.

Kalau nama Vidic masuh dalam daftar Team of The Year versi PFA, itu cuma salah satu pembuktian kalau bek Serbia itu memang punya kemampuan sebagai defender dengan nilai di atas rata-rata. 

Keberhasilan MU bertahan di puncak klasemen dan melangkah ke semifinal Liga Champions jelas tak bisa dilepaskan dari peran bek yang dibeli dari Spartak Moscow dengan nilai 7 juta poundsterling itu. Duet kokohnya bersama Ferdinand membuat gawang MU baru kebobolan 21 kali dari 36 pertandingan di Liga Inggris.

Dengan fisik kokohnya, Vidic kini disebut sebut sebagai bek tengah terbaik di Inggris, bahkan Eropa. Tak cuma hebat dalam bertahan, pemain yang kerap disapa Vida itu beberapa kali ikut membantu serangan dan tentunya mencetak gol lewat umpan bola mati. 

Sejak datang ke Old Trafford pada Januari 2006, total sudah lima gol dia donasikan buat The Red Devils.

Tahun 2005 Vidic dianugrahi pemain asing Serbia terbaik dalam sebuah polling terhadap 16 kapten klub yang berlaga di Liga Serbia, anugrah yang kembali diraihnya tahun 2007 lalu. Pemilihan Vidic sebagai anggota Team of The Year PFA tahun ini merupakan kali kedua dia masuk daftar tersebut setelah yang pertama tahun lalu.

Awal musim ini Vidic juga berada dalam daftar UEFA European Club Defender of the Year yang berlanjut dengan penghargaan FIFPro World XI. Dengan torehan seperti itu tak salah rasanya kalau MU sudah menyodori kontrak baru berdurasi dua tahun hingga 2012 meski kontrak lamanya baru habis 2010. (dtc-Rabu, 30/04/2008)

Tidak ada komentar: