15 Agustus 2008

Menanti MU Menyandingi Liverpool

SEJAK lama, Liverpool adalah "rajanya" Liga Inggris dengan koleksi titel juara paling banyak. Namun, mahkota mereka itu tengah terancam andai saja Manchester United kembali menjadi juara musim ini.

Dari pertama kali kompetisi Liga Inggris digulirkan tahun 1892 hingga kini, The Reds adalah tim dengan kolekasi gelar juara paling banyak. Total 18 kali mereka berhasil menjadi juara Liga Inggris.

Dominasi Liverpool terjadi pada dekade 70 dan 80-an. Pada masa keemasan mereka ini, total ada sebelas buah titel juara yang berhasil mereka kumpulkan.

Namun, semua berhenti di musim 1989-90. Itulah terakhir kalinya Liverpool meraih titel juara. Sejak Inggris memakai format Premier League tahun 1992-93, tampuk kekuasaan berpindah ke tangan MU.

Dari 16 kali kompetisi berformat Premiership digelar, The Red Devils memenangi lebih dari separuhnya. Terhitung skuad arahan Sir Alex Ferguson berhasil menjuarai Liga Inggris sebanyak 10 kali dalam periode ini. Kalau Liverpool adalah rajanya Liga Inggris, maka MU adalah penguasa era Premier League.

Hasilnya, koleksi gelar MU pun membengkak. Musim lalu merupakan kali ke-17 anak-anak Old Trafford berhasil menjadi juara. Itu artinya "Setan Merah" hanya perlu satu gelar lagi untuk menyamai perolehan gelar Liverpool. 

Demi mempertahankan gelar juara, sebagian besar skuad musim lalu dipertahankan. Yang paling menjadi tantangan adalah mengenai Cristiano Ronaldo. Topskorer Liga Inggris musim lalu ini mati-matian digenggam kandati ada tarikan yang sangat kuat dari Real Madrid.

Namun, jauh-jauh hari Sir Alex sudah menandaskan bahwa kekuatan MU musim ini tak akan melulu bertumpu pada Ronaldo. Ia memprediksikan bahwa pemain lain semisal Carlos Tevez juga siap untuk bersinar.

"Hal yang bagus mengenai Tevez adalah ia bermain dengan hati. Dia tak bisa terintimidasi, ia bertarung untuk mendapatkan bola, dan ia sangat membantu kami," tandas manajer asal Skotlandia itu di Goal.

Amunisi baru pun tengah dicari. Sir Alex berharap MU bisa mendapatkan seorang striker baru. Yang paling santer didekati adalah Dimitar Berbatov. Tetapi, hingga kini Tottenham Hotspur belum bersedia untuk melepas penyerang asal Bulgaria itu. 

Bagaimana dengan Liverpool? Kehampaan gelar selama 18 tahun tentu membuat mereka "lapar". Steven Gerrard, sang kapten, sudah sejak lama menyatakan mengidam-idamkan gelar juara Liga Inggris yang belum pernah sekalipun diraihnya.

Dengan dukungan tenaga baru dari pemain seperti Robbie Keane, Liverpool siap untuk mempertahankan tahta mereka sebagai "raja tunggal" Liga Inggris. "Saya pikir kami lebih baik dari tahun lalu," ujar pelatih Rafa Benitez penuh keyakinan. (dtc)

Tidak ada komentar: