15 Agustus 2008

Premiership Surga Para Sponsor


LAGI, Liga Premier Inggris jadi yang terbaik di seluruh Eropa. Kali ini bukan dari faktor pendapatan hak siar televisi, melainkan sponsorship dalam kostum tim. Sayangnya, pendapatan yang begitu besar itu tidak merata diterima 20 klub premiership.

Seperti yang dilansir The Times Online, deal transaksi sponsorship kostum bagi 20 klub Liga Premier hampir mencapai 70 juta pound (lebih dari Rp 1,3 triliun) di musim ini atau rata-rata setiap klub meraup 3,45 juta pound (Rp 85 miliar). Namun, dari jumlah tersebut, 46 juta pound di antaranya (hampir 66 persen) hanya didapat lima tim: Manchester United, Chelsea, Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Newcastle United.

Sport+Markt, agensi pemasaran olahraga Eropa, dalam surveynya terkait transaksi-transaksi yang terjadi di liga-liga utama Eropa, melansir Liga Premier Inggris menjadi pangsa utama pihak sponsor kostum.

Di tempat kedua, diduduki Bundesliga dengan jumlah deal mencapai 95,5 juta euro atau sekitar 68 juta pound (Rp 1,28 triliun). Diikuti Liga Serie A Italia yang meraup 71,8 juta euro atau sekitar 51 juta pound (Rp 964 miliar), Ligue 1 Prancis yang mendapat 51 juta euro (36,2 juta pound atau Rp 684 miliar) dan La Liga Spanyol sebesar 50,2 juta euro (Rp 673 miliar).

Namun, jika dilihat dari rata-rata pendapatan per klub, tim-tim yang berkecimpung di Bundesliga-lah yang berhak mendapatkan penghasilan terbesar. Pasalnya, seperti diketahui, berbeda dengan tiga kompetisi utama Eropa—Premiership, Serie A, dan La Liga—Bundesliga hanya diikuti 18 klub.

Jadi, “Pendapatan terbesar rata-rata tim Bundesliga di atas raihan Liga Premier. Rata-ratanya, 5,3 juta euro atau 3,76 juta pound (Rp 71 miliar lebih). Meski demikian, Inggris tetap menjadi pangsa pasar yang menarik (terbesar),” ujar juru bicara Sport+Markt.

‘Setan Merah’ alias The Red Devils tetap menjadi tim terbesar—di Inggris dan Eropa—yang meraup keuntungan dari sponsor kostum tim. Nilai deal MU dengan AIG, perusahaan asuransi ternama Eropa, mencapai 20,8 juta euro (Rp 280 miliar), terpaut 6,3 juta euro dari yang didapat deal Chelsea dengan Samsung Mobile. Deal antara T-Home dengan Bayern Muenchen yang bernilai 20 juta euro menjadi deal klub tertinggi kedua di Eropa dan diikuti Real Madrid yang mengantongi 15 juta euro dari hasil kerjasamanya dengan bwin.com. (zbc-Jumat, 16 November 2007)

Tidak ada komentar: